Bikin Kangen, Inilah 7 Station ID Terbaik Televisi Indonesia!

Media Nov 17, 2020

Hai, MedForians!

Mungkin tidak semua dari kalian tau apa itu istilah "Station ID". Namun, sadar tidak sadar kalian sebenarnya mungkin pernah menontonnya sekali atau beberapa kali di layar kaca kalian.

Singkatnya, Station ID adalah sebuah video singkat yang menggambarkan konten atau pesan tertentu dari sebuah stasiun televisi. Biasanya setiap station ID memiliki lagu ataupun jingle yang khas dari stasiun televisi itu sendiri. Kadang, Station ID juga dapat disebut dengan Ident.

Dahulu, Station ID sering ditayangkan setiap pergantian acara, namun kini Station ID lebih sering ditayangkan hanya pada saat siaran televisi dimulai (sign-on) atau di jam-jam tertentu.

Kali ini, Media Formasi memilih 7 station ID terbaik dan tentunya bisa bikin kalian "kangen" nonton televisi. Dalam list ini kami menilai bukan hanya sekadar animasi logo saja, tapi juga dari jingle dan pesan yang disampaikan. So, langsung aja cekidot list dari kami!

ANTV - Wow Keren! (2000)

Kalian tidak salah baca, ANTV dulu ditulis dengan ejaan "ANteve". Televisi yang aslinya berasal dari Bandar Lampung ini memiliki kualitas Station ID yang benar-benar "keren!" pada masanya.

Station ID ANTV Versi tahun 2000 ini memiliki beberapa versi, salah satunya versi petualang di bawah ini

Station ID ANTV 2000, dengan tema 'Petualang'.

Global TV - Glossie (2007)

Tahukah kamu? Global TV awalnya direncanakan mengudara sebagai televisi Islami, loh! Ini karena pemilik awal Global TV adalah ICMI, yang hingga akhirnya dibeli oleh Bimantara Citra. Sehingga sewaktu pertama mengudara, konsep Global TV berubah menjadi televisi anak muda.

Station ID yang digunakan pada tahun 2007 ini menggambarkan Global TV sebagai televisi yang berjiwa muda. Logo huruf "G" Global TV disulap menjadi "maskot" televisi ini yang diberi nama "Glosie".

RCTI - RCTI Oke! (1994) dan Versi Parodi Project Pop (1998)

Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia ini juga tidak kalah ikoniknya. Siapa sih yang tidak mengenal jingle "RCTI Oke!"?

Station ID RCTI telah menjadi certified hood classic bagi banyak orang. Apalagi Station ID versi pasar apung berikut ini, anak 90-an pasti ingat!

Selain itu ada juga versi "parodi" yang dibuat oleh RCTI sendiri. Versi ini muncul di tahun 1998 dan dibintangi oleh personil grup musik Project Pop. Semua station ID RCTI sebelumnya di"sulap" menjadi lebih lucu!

Indosiar - Ikan Terbang

Bisa dibilang, nada jingle dari station ID ini adalah yang paling awet karena digunakan sejak Indosiar pertama kali mengudara di tahun 1995 hingga akhirnya digantikan pada tahun 2012.

Tak hanya jingle-nya saja yang ikonik, simbol ikan terbang Indosiar juga tak bisa kita lepas dari ingatan kita!

RCTI - Celebration (2006)

Kembali lagi ke RCTI, kali ini ada station ID yang ditayangkan pada tahun 2006 dengan tema "Celebration".

Tak tanggung-tanggung, Station ID ini menampilkan konsep yang luar biasa epik. Ratusan balon dipegang oleh banyak orang di Gelora Bung Karno, dengan aransemen musik yang luar biasa.

Tidak percaya? Langsung tonton saja!

TVRI Jogja - Damai Itu Indah (2014)

Untuk posisi Runner Up, kami memilih TVRI Jogja. Kenapa? Ada pesan bermakna yang dicoba disampaikan dalam station ID ini.

Meski secara videografi dan musik tidak se-'wah' televisi nasional, pesan dalam station ID ini dikomunikasikan dengan baik.

Station ID TVRI Yogyakarta 2014, dengan tema 'Damai Itu Indah'.

Kompas TV - Gong Inspirasi Indonesia (2011)

Untuk posisi jawaranya, Station ID Kompas TV pada era sebelum menjadi televisi berita ini adalah station ID terbaik.

Station ID ini mencoba membuka cakrawala budaya Indonesia dengan kecantikan alam, adat, dan peninggalan sejarahnya.

Promosi stasiun televisinya pun dikemas secara minimalis namun ketara, dengan potongan-potongan logo Kompas TV yang dibawa oleh masing-masing perempuan dan disatukan.

Tak hanya itu, lagu yang digunakan juga epik. Station ID ini seolah-olah menjadi sebuah "short movie" yang enak ditonton.

Station ID Kompas TV 2011, dengan tema Gong Inspirasi Indonesia.

Apa kamu juga memiliki station ID favorit versi kamu sendiri? Bagikan di kolom komentar ya!


Disclaimer: Konten YouTube yang diunggah bukanlah milik kami dan merupakan milik stasiun televisi yang bersangkutan.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.