Google Pay Luncurkan Bank Virtual 'Plex', Lengkap dengan Aplikasi Serba-Baru

Teknologi Nov 19, 2020

Rumor mengenai Google Card, pesaing dari Apple Card kini bukan lagi sebuah mitos.

Google baru saja meluncurkan perubahan besar untuk aplikasi Google Pay. Aplikasi baru ini akan hadir di iOS dan Android.

Kini, aplikasi Google Pay tidak hanya berfungsi sebagai penyambung kartu kredit/debit saja. Google Pay bertransformasi menjadi aplikasi yang ditujukan untuk mengelola "Personal Finance" layaknya sebuah dompet digital.

Tampilan baru Google Pay

Perubahan ini membawa berbagai macam fitur keren. Misalnya seperti informasi pengeluaran, fitur patungan dan split-bill, fitur pencarian mendetail, hingga promo menarik.

Google juga bekerja sama dengan berbagai merchant agar informasi dan kemudahan pengguna dalam bertransaksi dengan Google Pay semakin mudah. Misalnya seperti untuk mengisi bensin, Google Pay terintegrasi dengan pompa bensin sehingga transaksi pengisian bensin berlangsung tanpa kontak.

Plex, Bank Virtual dari Google

Google Pay bekerjasama dengan Citi dan 10 bank di seluruh AS meluncurkan bank virtual yang diberi nama 'Plex'. Ini digadang-gadang sebagai cara baru menabung di Google Pay.

Tak hanya Citi, bank lain seperti Stanford Credit Union, BBVA, dan lainnya juga turut masuk dalam jajaran kerjasama ini. Akun perdana Plex akan hadir pada 2021 mendatang.

Akun Plex juga akan hadir bersama dengan kartu debit yang didesain oleh Google, yang menampilkan logo baru Pay, branding-nya, dan tentu saja bank rekanan. Sayangnya, untuk saat ini Plex baru akan hadir di Amerika Serikat saja.

Kartu debit Plex dari Google

Berbagai fitur yang biasanya ada di bank konvensional, turut hadir di Plex. Mulai dari tampilan jumlah saldo, tambah saldo, transfer, hingga mengunci kartu apabila sewaktu-waktu terjadi penyalahgunaan.

Google menyatakan jika pembuatan akun Plex tidak dikenai biaya, dan bebas dari biaya lainnya. Google juga menambahkan jika satu akun hanya bisa digunakan oleh satu perangkat saja, sehingga membuat Plex menjadi lebih aman.

Selain itu, semua fitur dalam aplikasi ini tidak akan dibagikan ke pihak ketiga untuk targeted ads. Google menjamin privasi pengguna selama menggunakan Google Pay. Semua fitur yang dipersonalisasi juga dapat dimatikan oleh pengguna atau dinyalakan sementara selama 3 bulan.

Tag

Agung Suhendro

Di antara dengan Muhammad Ferdiansyah

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.