Ikuti Xiaomi? Perangkat iOS dan iPadOS Munculkan "Iklan"

Teknologi Nov 19, 2020

Pengguna perangkat buatan Xiaomi mungkin sudah terbiasa di-bully karena perangkat mereka dijejali pop-up iklan bawaan dari MIUI. Pengguna Samsung pun juga harus bersabar notifikasi ponsel mereka dijejali iklan.

Namun sepertinya tidak hanya pengguna Xiaomi dan Samsung saja yang mengalami hal ini.

Dilansir dari GizChina, Tom Warren, yang merupakan editor dari situs The Verge mendapati iPhone 12 yang baru didapatinya "disusupi" oleh iklan.

Bedanya, iklan tersebut tidak semasif MIUI ataupun Samsung, karena iklan yang dimaksud berada di aplikasi Settings.

Dalam tangkapan layarnya, Tom mendapatkan notifikasi yang muncul di bagian atas aplikasi Settings untuk segera mengklaim uji coba gratis Apple Arcade.

Tak hanya itu, pengguna Twitter dengan nama akun @dewotter juga mengeluhkan hal yang sama, bahkan lebih parah dari tangkapan layar milik Tom.

Di tangkapan layarnya, ia mendapatkan tiga iklan dari Apple sekaligus. Iklan tersebut menawarkan free trial Apple Arcade dan Apple TV+, serta layanan proteksi Apple Care.

Masih di thread yang sama, pengguna twitter lainnya dengan nama akun @iamryanodonnell juga mengalami hal serupa di iPhone 12 dan iPad Pro (2nd Gen) miliknya.

Meskipun dirinya sudah menolak tawaran dari Apple tersebut, promosi yang muncul di aplikasi Settings tidak menghilang, bahkan kembali muncul.

Apakah Itu Semua Termasuk Iklan?

Well, yes. But actually no.

Beberapa orang menyebut jika opsi yang muncul di aplikasi Settings tersebut bisa dibilang sebagai "pengingat" dan bukannya iklan.

Apple memang menawarkan percobaan gratis khusus bagi pembeli perangkat buatan Apple baru. Banyak layanan yang ditawarkan oleh Apple, di antaranya penawaran Apple Arcade, TV+, Apple Music, dan bahkan Apple Care.

Pengguna dapat mengklaim free trial spesial karena mereka baru membeli perangkat Apple. Pengingat ini "spesial" karena hanya pembeli perangkat Apple baru saja yang bisa mendapatkan masa uji coba gratis selama 3 bulan ketimbang hanya satu bulan saja.

Namun bagaimanapun juga, notifikasi yang bombastis dan sulit disembunyikan seperti tangkapan layar di atas sudah dapat dikategorikan sebagai iklan.

Promosi ini dilakukan sebagai "hadiah" bagi pembeli perangkat Apple (dan tentu saja untuk menjebak pengguna Apple ke dalam "ekosistem"nya).

Hal ini juga dilakukan oleh Google yang memberikan Google Photos dengan kapasitas unlimited bagi pembeli Google Pixel.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.