Windows Bisa Saja Berjalan di Perangkat Mac dengan SoC Apple M1

Teknologi Nov 21, 2020

Perangkat Mac dengan SoC buatan mereka, Apple M1 sudah diperkenalkan dan telah lepas di pasaran. Dari berbagai review, performa dari perangkat-perangkat ini sangat baik, bahkan melebihi pendahulunya kala masih menggunakan prosesor Intel. Namun ada ketakutan akankah Windows tidak bisa lagi diinstal di perangkat-perangkat baru tersebut.

Dari rumor yang beredar, Bootcamp, yang merupakan utilitas yang membantu dalam instalasi Windows di perangkat Mac, tidak didukung di perangkat dengan SoC Apple M1. Namun Wakil Presiden bidang Teknik Software Apple, Craig Federighi mengatakan jika Windows bisa saja berjalan mulus di perangkat dengan SoC besutan Apple ini. Namun, semuanya kembali ke Microsoft apakah dukungan berupa driver akan disediakan.

Dilansir dari 9to5mac, beberapa aplikasi macOS seperti CrossOver dapat menjalankan aplikasi Windows lewat teknik virtualisasi. Begitu juga dengan Parallel Desktop yang menyatakan bahwa aplikasi virtualisasi desktop Windows untuk perangkat dengan Apple M1 sudah tersedia.

Craig dalam wawancaranya dengan ArsTechnica, menyatakan jika Windows dapat berjalan di perangkat dengan SoC baru ini Β bahkan tanpa perlu virtualisasi atau berjalan secara native, seperti saat masih menggunakan Intel.

Tentu karena ini adalah SoC baru, jadi Craig menyatakan jika semuanya kembali ke pihak Microsoft sendiri untuk menyiapkan segala hal termasuk driver. Windows 10 sendiri sudah dapat dijalankan pada perangkat dengan arsitektur ARM.

"Kami telah memiliki teknologinya, untuk menjalankan Windows dalam versi ARM yang tentu saja mendukung aplikasi berbasis x86. Tapi keputusan tetap kembali ke Microsoft untuk menyediakan lisensi agar pengguna Mac baru ini dapat menggunakannya. Tapi menurut saya Mac baru ini tentu saja sangat mampu untuk menjalankan Windows" terang Craig.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.